7/24/17

Jangan lakukan hal ini saat mendaki gunung, jika tidak ingin di sebut 'pendaki ndeso'

author photo

Kini mendaki gunung banyak di gemari oleh semua kalangan. Biasanya para pecinta alam mengabadikannya dengan berfoto lalu di upload ke sosial media, sehingga ini menjadi daya tarik buat yang belum pernah mendaki gunung.

untuk para pecinta alam yang baru pertama kali tentunya ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat melakukan pendakian agar kalian tidak di sebut pendaki ndeso seperti, bawa sampah kembali yang kita bawa.

Pamer di sosial boleh saja selama tidak ada yang melarang, asalkan jangan melakukan hal-hal yang di larang. Jagalah alam indonesia dengan kesadaran kita tanpa harus mengetahui dari papan pengumunam maupun arahan dari pengelola.

Ini nih hal yang harus di perhatikan saat kalian mendaki gunung agar alam kita selalu indah dan bersih.

1. Jangan buang sampah sembarangan
 

source : instagram.com/ibnu.khoirudin
Gambar di atas mencontohkan apa yang seharusnya pendaki lakukan. Jika merasa diri kalian pecinta alam, bawa lah sampah yang kalian bawa jangan sampai mencemari alam. Terkadang masih ada aja segelintir orang yang membuang sampah semaunya mereka. 'jagan cuma mantan yang di ingat, sampahmu juga'.

Jadilah pendaki cerdas, jangan menjadi pendaki ndeso.
     

Jika kita malas membawa lagi sampah kita dengan alasan tertentu, bawalah botol yang bisa di isi ulang tentunya sangat sayang untuk di buang dan bisa di pakai berkali-kali. Tetepi bila botol plastik biasanya ketika sudah abis di buang.

2. Jangan melakukan aksi vandal


Melakukn aksi vandal dapat mengotori alam dan membuat orang lain ikut-ikutan. Seperti melakukan aksi vandal di batu besar ataupun di papan arah jalur pendakian, karena lama kelamaan arah tersebut jadi tidak terlihat dan dapat merugikan orang lain. Jangan 'ndeso' bahwa kalian pernah singgah di tempat tersebut.

3. Dilarang mengambil apapun yang ada di alam
  
Pendaki Ndeso img by : travel.detik.com
Pencinta alam tidak mungkin melakukan hal seperti di atas yaitu memetik bunga edelweis. Bermasksud pamer melakukan pendakian mereka juga pamer memetik bunga langka. Yaa awal nya sih mereka ingin mendapatkan pujian tapi yang mereka dapat cemoohan dari para pencinta alam sejati.  Selain bunga edelweis kalian juga tidak  boleh membawa hewan langka. "Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun selain waktu."