6/10/17

Tips mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi

author photo

image : motorexpertz.com
Mudik lebaran merupakan tradisi yang biasa di lakukan oleh masyarakat Indonesia sebelum menjelang hari raya idul fitri. Mudik ke kampung halaman memang sangat di nanti-nanti oleh setiap orang, terutama orang yang bekerja di luar kota atau di perantauan. Maupun hanya sekedar berkunjung agar bisa kumpul bersama keluarga besar dan melaksanakan shalat idul fitri di kampung halaman.

Dari tahun ke tahun pemudik tidak pernah sepi maka tidak heran ketika musim mudik lebaran jalanan tidak pernah sepi dan tidak sedikit juga banyak yang mengalami kecelakaan karena kondisi kendaraan yang di gunakan, kelalaian sendiri maupun karena kelalaian orang lain . Maka kalian harus berhati hati ketika berkendara menggunakan kendaraan pribadi seperti, motor maupun mobil.

Untuk pemudik yang ingin menggunakan kendaraan pribadi lakukan beberapa persiapan agar selama di perjalanan kita aman, nyaman dan tentunya selamat sampai tujuan. berikut :


1. Perhatikan kondisi badan

Keadaan kondisi badan merupakan hal yang paling penting ketika kalian mudik. Jika merasa sakit atau tidak enak badan dan tetap ingin melakukan mudik, jangan memaksakan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, lebih baik menggunakan kendaraan umum. Selain untuk keselamatan dan tidak memperparah kondisi badan, naik kendaraan umum juga bisa meminimalisir dari hal-hal yang tidak di inginkan. Sebelum berangkat sempatkan di periksa ke dokter terlebih dahulu.

2. Cek dan service kendaraan
Kendaraan saat mudik merupakan alat transportasi yang akan mengantarkan ke kampung halaman. Jadi wajib cek atau service terlebih kendaraan kalian agar perjalan lancar sampai tujuan dan demi keselamatan, karena sudah pasti kendaraan yang di gunakan akan menempuh jarak yang jauh. Mengecek kendaraan sebelum berangkat bisa mencegah hal-hal yang mengganggu perjalan kalian. Seperti putus rantai, mogok, rem tidak berfungsi normal.

3. Perlengkapan keselamatan badan
Saat akan melakukan perjalan jauh memang di butuhkan beberapa persiapan yang matang. Keselamatan badan adalah hal yang wajib di perhatikan. Gunakan seperti sarung tangan, masker dan jaket.

4. Bawa barang seperlunya
Jika kalian pengguna motor, bawalah barang secukupnya demi keselamatan. Karena jika terlalu banyak membawa barang bawaan tentunya akan mengganggu saat menggunakan motor. Seperti posisi duduk tidak nyaman, ketika akan berbelok terhalang dan kagok oleh barang bawaan yang di bawa. Bawalah barang seperti baju dan oleh-oleh secukupnya. Jangan lupa juga bawalah beberapa kunci motor karena hal-hal yang tidak di inginkan bisa terjadi kapan saja, meskipun kita sudah cek dan service kendaraan. Bawa juga obat-obatan pertolongan pertama seperti obat merah, obat tetes mata, perban, obatan-obatan, minyak angin dan beberapa kelengkapan lain P3K.
5. Istirahat
Jika badan sudah merasa lelah dan ngantuk segeralah istirahat ke restarea, jangan memaksakan diri karena akan berakibat fatal, selain membahayakan keselamatan diri sendiri ngantuk saat berkendara juga akan mebahayakan orang lain.

6. Berdoa
Berdoa adalah hal yang paling utama. Sebelum berangkat berdoalah kepada Allah SWT agar di beri kelancaran selama di perjalan dan selamat sampai tujuan.