5/25/17

5 Cara ampuh agar sahurmu tidak kesiangan

author photo

image source : crossoverhealth.com
 
              Puasa di bulan ramadhan adalah puasa yang wajib di laksanakan oleh setiap umat islam. Puasa itu berarti tidak makan dan minum sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam.

Jika kalian tidak melaksanakan puasa, sayang banget lho. kenapa ? Setiap orang berlomba-lomba menjalankan ibadah maupun melakukan hal kebaikan selama bulan ramadhan, karena di bulan ini pahala akan di lipat gandakan. Tapi terkadang juga kita enggan melaksanakan puasa karena bangun sahur kesiangan, masih ngantuk atau tidak naafsu makan. Biasanya hal seperti ini terjadi di hari hari pertama saat bulan ramadhan karena belum terbiasa bangun di pagi hari. Selain belum terbiasa ada beberapa hal peyebab sahur jadi kesiangan atau malas makan sahur, di antaranya :

Tidak adanya niat untuk bangun lebih awal
Karena tidak adanya niat sudah jelas bangun kesiangan dan melewatkan bangun sahur. Agar terbiasa, bangun tidur lebih awal untuk melaksanakan makan sahur tentunya harus di awali dengan niat. Jika hati sudah berniat akan melaksanakan makan sahur maka saat bangun tidur pun rasa kantuk akan berkurang tentunya karena sudah di awali dengan tekad dan niat.

Tidur larut malam
Kurangi bergadang saat bulan ramadhan karena ini akan mengganggu aktivitas selama di bulan ramadhan. Seperti lagu bang haji "bergadang jangan bergadang kalau tiada artinya" .
Tidur larut malam salah satu berarti kurangnya niat untuk bangun lebih awal.

Sahur itu penting untuk di lakukan karena makan sahur bisa mengurangi rasa lapar atau haus di siang hari. Bila kita makan sahur aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan tidak akan terganggu dan tidak akan merasa lemas.

Nah, agar puasa kalian lancar dan bangun sahur tidak kesiangan lakukan 5 tips di bawah ini
1. Niat yang menentukan kita untuk bangun lebih awal
Jika semua dilakukan dengan niat karena allah, maka semuaya akan berjalan dengan lancar bangun tdiur juga akan refleks dengan sendirinya dan nafsu makan nafsu makan pun akan bertambah. Karena hati sudah berniat akan bangun lebih awal maka rasa malas pun akan hilang.

2. Tidur lebih awal

Maafkan bulan ramadhan semaksimal mungkin. Jika kita tidur lebih awal maka rasa ngantuk pun akan berkurang dengan begitu badan kalian akan tetap fit dan badan terasa segar walau pun bangun tidak seperti biasanya.
Jam 9 atau jam 10 kalian harus sudah tidur terlelap demi kelancaran melaksanakan ibadah puasa.

3. Pasang Alarm
Di zaman smartphone seperti sekarang ini tentunya kalian tidak perlu membeli jam yang ada alarmnya. Kalian hanya perlu menyetel alarm dan menentukan kapan alarm berbunyi. Tapi jika kalian termasukan  orang yang tidurnya seperti orang mati yang susah di bangunin, kalian perlu menyetel alarmnya secara berulang-ulang dan nadanya gunakan musik yang keras seperti lagu metal.

4. Minta bantuan keluarga atau orang lain
Jika alarm tidak ampuh untuk membangunkan, minta lah bantuan keluarga atau orang lain untuk membangunkan kalian mungkin cara ini cukup efektif dan ampuh untuk orang yang level tidurnya di tas rata-rata. Tapi kamar jangan kunci agar orang yang akan membangunkan bisa masuk ke dalam kamar kalian.

5. Siapkan menu makan sahur sebelum tidurJika kalian pelajar, mahasiswa atau karyawan yang tidurnya sendirian jadi tidak ada yang membangunkan, kalian hanya perlu menyiapkan menu makan sahur sebelum tidur dengan begitu ini akan menjadi motivasi untuk bangun makan sahur. Mubadzir kalau tidak di makan apalagi jika kalian sudah cape menyiapkan menu makan untuk sahur.