2/1/17

Menaklukan medan terjal menuju puncak gunung cikuray



Kabupaten Garut tempat yang cocok untuk para pecinta alam atau pendaki gunung karena sebagain besar tempat wisatanya adalah wisata alam. Bahkan seperti hotel dan tempat makan pun melekat dengan pesona alamnya. Tidak hanya dodol dan domba, Garut juga terkenal dengan gunungnya yang cocok untuk para pendaki sehingga gunung di Garut mempunyai julukan PAGUCI yaitu Papandayan, Guntur dan Cikuray.

Untuk Para pendaki yang suka dengan tantangan gunung Cikuray bisa menjadi tujuan pendakian selanjutnya. Gunung Cikuray terletak diantara kecamatan Cilawu, Bayongbong dan Cikajang dengan ketinggian 2.821 mdpl dan salah satu gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat, setalah Gunung Ceremai  dengan ketinggian 3.078 mdpl, Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl, dan Gunung Gede dengan ketinggian 2.958 mdpl. Salah satu rute untuk menuju gunung Cikuray bisa memalui Kec. Cilawu dengan menaiki kendaraan umum angkutan perkotaan/angkot bernomor 06 dan berhenti di Patrol. Karena tempat awal pendakian masih jauh yaitu pemcancar stasiun televisi, dari Patrol bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar ongkos sekitar 40ribu untuk menuju pemancar.

Jalur pendakian menuju puncak gunung sangat menantang karena medan yang terjal dan banyak akar yang melingtang, terkadang sesekali akan merayapi dan memanjat akar-akar pohon di jalur pendakian. Cuaca Garut yang dingin walaupun di siang hari di sarankan saat pendakian tidak menggunakan balsem untuk menghangatkan tubuh luar, karena bila efek panasnya sudah habis maka efek balsem tersebut akan terasa dingin.

Setelah menaklukan jalur yang terjal akan terbayar ketika sampai di puncak yang di hadiahi dengan pemandangan alamnya yang indah. Seperti melihat hamapran awan dan gunung gunung yang berada dekat dengan gunung cikuray, melihat sunset dan sunrise dari ketinggian.