1/22/17

Pesona 2 leuwi di Garut selatan

Garut salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkanal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Maka tidak heran Garut mempunyai nama panggilan kota dodol. Garut memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi seperti Sukaregang tempat pengrajin jaket kulit dan kerupuk kulit, Darajat tempat rekreasi keluarga, Tarogong tempat pemandian air hangat, dan Hutan mati di gunung Papandayan.

Selian itu, Pesona alamnya juga tidak kalah dengan tempat lainnya. Wisata alam di Garut ada yang namanya Leuwi Jurig dan Leuwi Tonjong. Kedua leuwi tersebut masih alami dan belum terlalu banyak yang tahu tentang pesona alamnya. Padahal  Leuwi Jurig dan Leuwi Tonjong memiliki pesona yang indah dan bagus untuk spot photo.

Leuwi dalan bahasa Indonesia artinya Sungai. Lokasi kedua luewi tersebut berada di Garut selatan bisa di tempuh selama 3 jam dari kota Garut. Ini alesan kenapa kedua leuwi tersebut masih alami karena lokasinya berada pelosok.

1. Leuwi Jurig
   

Leuwi jurig masih tergolong wisata baru berlokasi di kecamatan Bungbulang. Daerah ini terkanal dengan hasil alamnya yang sempat ramai di tahun 2015 yaitu batu akik.
Air yang jernih kehijauan dan di apit oleh dua tebing batu di sinilah pesona leuwi jurig yang membuat wisatawan jadi tertarik untuk mengunjunginya. Kebanyakan pengujung yang datang ke leuwi jurig kalangan anak muda yang ingin berfoto di tempat tersebut.

Karena sungainya yang dangkal dan airnya tenang wisatawan bisa berenang namun hati-hati ketika hujan karena air sungai bisa meluap. Untuk akses ke leuwi jeuig masih jalan setapak belum bisa di lewati kendaraan.

2. Leuwi Tonjong
   


Lokasi leuwi tonjong berada di kecamatan Cihurip. Tidak beda jauh dengan leuwi jurig, bedanya tempat ini memiliki Curugan/air terjun kecil. Aliran air terjun membentuk kolam kecil sehingga air menjadi tenang dan bisa untuk berenang. Untuk akses ke tempat ini sama seperti menuju ke pantai Pameungpeuk, Ketika menemukan gapura dan di depannya ada mobil polisi masuklah ke dalam gapura tersebut. Setelah mendekati lokasi leuwi jurig, anda harus berjalan kaki dan menuruni bukit selama 20 menitan dari tempat pemberhentian motor.